ALTUMNEWS.com, BANDAR LAMPUNG – Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung yang digandeng Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan operasi pasar bawang putih. Program yang dimulai di Pasar Panjang Bandar Lampung ini sebagai upaya menstabilkan harga bawang putih di Lampung.


Direktur Jenderal Hortikultura, Kementan, Suwandi mengatakan pada operasi pasar ini, jumlah bawang putih yang digelontorkan di Lampung sebanyak 1 kontainer atau setara 29 ton.
“Operasi pasar di Provinsi Lampung bukan dimulai hari ini, namun sudah berjalan sejak dua hari yang lalu sebanyak 3 kontainer, setara 90 ton dan kemarin dipasok dengan jumlah 7 truk, setara 50 ton. Adapun kebutuhan Lampung akan bawang putih sebanyak 28 ton per hari,” katanya di Pasar Panjang, Bandar Lampung, Kamis, 09 Mei 2019.
Menurutnya, setelah operasi pasar ini, diikuti pasokan rutin dari distributor untuk masuk Lampung sebanyak 4 sampai 5 truk per hari.
“Setiap hari pasokan kami kirim masuk pasar. Jadi tidak ada lagi alasan harga naik. Untuk Provinsi Lampung diharapkan harga stabil pada kisaran Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu per kg,” tambah Suwandi.
Suwandi menegaskan stok bawang putih selama Bulan Ramadhan hingga Idul Fitri tahun ini melebihi kebutuhan. Pada tanggal 5 Mei, para importir telah sepakat harga bawang putih Rp 25 ribu per kg dengan harga tertinggi Rp 30 ribu per kg dan harga tidak boleh lebih dari harga ini.
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, Edi Yanto mengatakan pihaknya memiliki dua Toko Tani Indonesia (TTI) yang beroperasi setiap hari menyajikan harga pangan murah dan berkualitas.
“Seperti beras Rp 8.500 per kg, gula pasir Rp 12.000, minyak goreng Rp 10.000, telur Rp 21.000 per kg, daging ayam Rp 31.000 per kg, daging sapi Rp 80.000 per kg, bawang merah Rp 22.000 per kg dan bawang putih Rp 25.000 per kg, “ katanya.
Edi Yanto mengimbau untuk masyarakat Lampung untuk tidak khawatir, semua pangan pokok di Lampung tersedia dengan harga murah.
“Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, silahkan datang membeli ke sini. Semua pangan pokok tersedia dengan harga murah. Datanglah ke TTI,” imbuhya.
Sementara itu, Kepala Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung, Bahagiati mejelaskan operasi pasar ini dilakukandi tiga titik yakni Pasar Panjang, Pasar Tugu dan di Toko Tani Indonesia (TTI) di Lampung.
“Pertengahan dan akhir Mei kita akan buat lagi (operasi pasar), Insya Allah semua masyarakat merasakan keterpedulian pemerintah, terutama Dinas Ketahanan Pangan untuk mengadakan pasokan harga yang murah,” tutup Beggy.
Sebagai informasi, pada operasi pasar murah bawang putih ini juga melibatkan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Lampung.***

Editor : Robert

sumber: https://altumnews.com/2019/05/09/dinas-ketahanan-pangan-lampung-bersama-kementan-operasi-pasar-bawang-putih/

Search

Visitors Counter

166471
TodayToday22
YesterdayYesterday76
This_WeekThis_Week449
This_MonthThis_Month2148
All_DaysAll_Days166471
Copyright © 2017 Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung. All rights reserved.