Tidak dapat disangkal bahwa pangan sangat krusial bagi kehidupan umat manusia. Pangan adalah kebutuhan dasar yang pemenuhannya menjadi hak azasi setiap rakyat, terutama dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk melaksanakan pembangunan. Oleh karena itu ketersediaan pangan yang bermutu, bergizi dan beragam merupakan prasyarat utama yang senantiasa harus dipenuhi.

Kondisi ketersediaan pangan, berkaitan dengan faktor harga dan pasokan pangan itu sendiri. Harga dan pasokan pangan merupakan indikator-indikator strategis yang saling terkait, yang biasa digunakan untuk mengetahui status distribusi pangan. Terjadinya gejolak harga pangan menunjukkan gejala terganggunya distribusi pangan. Hal itu mungkin disebabkan karena kurangnya pasokan atau meningkatnya permintaan.

Ketidakcukupan pasokan pangan di suatu wilayah dapat menjadi indikator tidak meratanya distribusi bahan pangan antar wilayah, yang mungkin disebabkan rendahnya produksi dan gangguan pada proses distribusi yang dapat disebabkan dampak perubahan iklim seperti banjir, kekeringan, serangan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT), gelombang tinggi dankurang baiknya sarana transportasi.

Terjadinya gangguan pada pasokan yang dapat mempengaruhi harga pangan, perlu segera mendapat respon kebijakan dari pemerintah, karena dapat menimbulkan gejolak sosial di masyarakat dan dapat mengakibatkan terganggunya kondisi sosial politik nasional. Oleh karena itu, diperlukan suatu Sistem Deteksi Dini (Early Warning System) tentang kondisi pasokan dan harga pangan yang tepat (up to date) dan akurat, agar dapat segera dilakukan antisipasi dan respon terhadap kemungkinan terjadinya gejolak.

Salah satu pendekatan untuk memperoleh data dan informasi mengenai harga dan pasokan pangan yang akurat dari waktu ke waktu adalah dengan metode panel data, yang diperoleh secara periodik atau berkala (time series) dari sasaran yang sama. Metode panel data ini terbukti mampu menggambarkan dinamika perkembangan data dalam kurun waktu relatif panjang.

Melalui panel data harga pangan, akan diperoleh gambaran dinamika perkembangan harga pangan dari waktu ke waktu, dapat memprediksi kecenderungan harga pangan ke depan. Dengan demikian memudahkan dalam melakukan antisipasi tindakan yang diperlukan.

A.             Tujuan

Kegiatan Panel Harga Pangan bertujuan :

1.       Menyediakan data/informasi yang cepat dan akurat tentang harga dan pasokan pangan sebagai bahan deteksi dini guna mengantisipasi terjadinya gangguan distribusi pangan baik di Provinsi maupun di Kab/Kota.

2.       Menyediakan hasil analisis tentang harga dan pasokan pangan secara periodik sebagai bahan perumusan kebijakan baik di Provinsi maupun di Kab/Kota.

B.             Sasaran

Sasaran kegiatan Panel Harga Pangan adalah:

1.      Tersedianya data/informasi yang cepat dan akurat tentang harga dan pasokan pangan di Provinsi sebagai bahan deteksi dini guna mengantisipasi terjadinya gejolak harga dan kelangkaan pasokan pangan.

2.      Tersedianya hasil analisis tentang harga dan pasokan pangan di Provinsi secara periodik sebagai bahan perumusan kebijakan.

 

Download

 

Search

LINK

 

LINK Kabupaten/Kota

Visitors Counter

152134
TodayToday16
YesterdayYesterday111
This_WeekThis_Week995
This_MonthThis_Month2656
All_DaysAll_Days152134
Copyright © 2017 Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Lampung. All rights reserved.